Senin, 06 Juli 2009

Kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2008

2. Kesehatan Ibu dan Anak
a. Kesehatan Ibu dan pelayanan KB
i. Pembinaan Dukun terlatih
Dukun paraji yang dibina sebanyak 10 orang, dari 10 Dukun paraji yang ada. Pembinaan dilakukan setiap 3 bulan sekali, yang meliputi pelatihan perawatan ibu nifas dan neonatal. Telah disepakati bahwa dukun terlatih tersebut tidak lagi diijinkan untuk menolong persalinan. Tetapi menjadi mitra bidan dalam menangani persalinan, terutama untuk perawatan ibu dan anak setelah melahirkan.
ii. Penyuluhan Kesehatan
Penyuluhan kesehatan dilakukan terutama bagi Bumil dan Bufas. Dengan materi utama adalah Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Selain itu juga dilakukan penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi.
iii. Pelayanan KB
Cakupan peserta KB aktif yang tercatat di Puskesmas masih rendah dibandingkan jumlah PUS yang ada (63,63%). Hal ini terutama disebabkan kurang lancarnya pelaporan hasil kegiatan pelayanan KB dari Yankes Swasta

b. Kesehatan Anak
i. Penyuluhan Kesehatan
Materi utama dari penyuluhan yang dilakukan adalah tentang Asi Eklsuif. Penyuluhan tersebut dilakukan di Posyandu dan saat Rakordes. Penyuluhan kesehatan pun dilakukan saat kunjungan ke TK dan SD dengan materi terutama tentang Kebersihan Diri.
ii. Kunjungan TK dan/ SD
Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di TK maupun SD masih belum maksimal, masing-masing dibawah 2% dibandingkan seluruh siswa/i TK dan SD tersebut. Hal ini terutama padatnya jadwal petugas selama tahun 2008, sehingga jadwal kunjungan ke TK/SD tidak dapat maksimal menjangkau seluruh sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar