Senin, 06 Juli 2009

Kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2008

1. Promosi Kesehatan
a) Bina Upaya Pelayanan Terpadu
Selama tahun 2008 dari 51 Posyandu yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas dan menyebar di tiga Kelurahan binaan, 49 diantaranya adalah posyandu yang aktif dalam melaksanakan kegiatanya. Sedangkan 3 posyandu yang tidak aktif antara lain karena kurang/turunnya sasaran Bayi dan Balita di wilayah posyandu tersebut, dan/ kurang/tidak aktif kembali kader di posyandu tersebut.
b) Bina Upaya Kesehatan Tradisional
Kegiatan yang telah dilakukan adalah pembinaan Toga di beberapa Posyandu. Tetapi hasilnya belum maksimal karena kurangnya lahan untuk penanaman Toga dan rendahnya rasa manfaat dari Toga tersebut
c) Bina Peran Generasi Muda
1. PPKS SMA Dwiputra : 3 orang
2. SBH MA Soebono M : 11 orang
3. SBH MA Madinatunajah : 11 orang
4. Kader Remaja SMA N 6 Ciputat : 2 orang
d) Penyuluhan Kelompok
1. Penyuluhan Kelompok Pria/Wanita/Masa
Penyuluhan kelompok dilakukan 1 bulan sekali di tiga kelurahan binaan dalam acara Rakor. Dan juga dalam kegiatan kelompok pengajian serta dalam kegiatan kunjungan Posyandu. Juga pada Institusi Pendidikan.
Materi yang disampaikan diseuaikan dengan kondisi pada bulan tersebut, seperti bulan Februari dan Agustus: tentang Vit A, bulan Desember dan Januari tentang DBD, dan tergantung kasus yang sering terjadi seperti: Flu Burung, atau bila terjadi kasus penyakit menular lainya seperti: Filariasis
2. Penyuluhan Kelompok Remaja
Penyuluhan kelompok remaja ditujukan kepada siswa-siswa sekolah setingkat SLTP dan SLTA dan dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru dengan sasaran siswa baru. Adapun materi yang diberikanm antara lain: Napza, Kesehatan Reproduksi, IMS/Aids.
3. Pemasangan Spanduk
Pemasangan spanduk dilakukan setiap ada kegiatan yang di buat sendiri oleh Puskesmas dan setiap mendapatkannya dari Dinas Kesehatan. Spanduk yang di pasang di Wilayah Kerja Puskesmas Jombang antara lain: PelaksanaanTB Paru, Vitamin A, DBD, HKN, dan Flu Burung, serta Larangan Merokok.
4. Pemasangan Poster
Pemasangan Poster dilakukan terutama di Puskesmas, Posyandu dan Posbindu serta Sekolah, juga beberapa tempat umum lainnya seperti Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan, Stasiun dan di pinggir jalan yang strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar